Kamis, 26 Maret 2009

TAG CLOUD / BLOGUMUS

Selamat malam saudaraku semua......!!
Hmm.. setelah seharian mengerjakan tugas yang cukup melelahkan plus main Zepacx BulahWalaupun cuman lari-lari doang sore tadi, saya jadi kepikiran untuk membuat posting pada blog saya yang hampir terlupakan hari ini (ma'af ya blog ?)
Okay okay... kali ini berhubung ada yang bertanya pada saya untuk membuat blogger TAGCLOUD atau BLOGUMUS, Nih.. saya posting juga akhirnya.
Sebenenernya aplikasi ini sudah tersedia yang secara default-nya diciptakan oleh mister Roy Tanck yang pada mulanya diperuntukan bagi pengguna di negara tetangga yaitu wordpress, dan saat lahirnya, aplikasi ini konon bernama "WP CUMULUS" (kalau salah informasi mohon dikoreksi yah ?).
Namun pada perkembangannya, akhirnya ada seorang yang gagah berani dengan keringat yang bau asem melakukan editing alias penyaduran, agar bisa dipasang pada halaman Blogger/blogspot, yang namanya saya juga kurang tahu persis (kalau ada yang tahu mohon dikasih kabar ya?) tapi saya menemukan informasi ini di www.bloggerbuster.com atau kalian bisa klik disini.
Dan disanalah akhirnya saya mendapatkan kode-kode dasar blogumus ini.
Dan saat saya pasang.....jrengggg... !! ternyata masih enggak support dengan blog saya !! entah apa sebabnya saya kurang begitu paham karena saya tidak melakukan penyelidikan lebih seksama dan saya juga ga tw dengan blog-blog lain mungkin ada yang support.

Nah.... dari situlah akhirnya saya melakukan editing.
Dan ini hasilnya (silahkan dicoba, siapa tahu support dengan blog anda).
Silahkan anda masuk Account blogger anda==> Dashboard/dasbor==> layout/tataletak==> pilih edit HTML, jangan lupa buat centang "EXPAND TEMPLATE WIDGET"
dan lakukan "DOWNLOAD TEMPLATE LENGKAP" buat berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.
Kemudian Copy kode dibawah ini :

<script src='http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/swfobject.js' type='text/javascript'></script>
<div id='flashcontent'>Blogumulus by <a href='http://www.roytanck.com/'>Roy Tanck</a> and <a href='http://jide-theater.blogspot.com/'>jide-theater</a></div>
<script type='text/javascript'>
var so=new SWFObject ("http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf", "tagcloud", "172", "150", "8", "#000000");
// uncomment next line to enable transparency
//so.addParam("wmode", "transparent");
so.addVariable("tcolor", "0xDF0101");
so.addVariable("mode", "tags");
so.addVariable("distr", "true");
so.addVariable("tspeed", "200");
so.addVariable("tagcloud", "<tags><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>
NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a><a href='http://www.namasitus.com' style='15'>NAMATAMPILAN</a></tags>");
so.addParam("allowScriptAccess", "always");
so.write("flashcontent");
</script>

Nah... setelah anda copy semua kode diatas.........silahkan anda "coba" untuk mem-PASTEKAN semua kode tersebut, tepat dibawah kode :

<div id='sidebar-wrapper'>

Setelah anda paste dengan benar, coba anda lakukan preview terlebih dulu.!!
Jika masih muncul pesan ERROR, itu berarti anda harus mem-PARSE kode tersebur terlebih dahulu.
Cara PARSE sudah pernah saya posting disini atau anda bisa membacanya disini.
Atau anda bisa langsung menuju ka website penyedia layanan PARSE dengan klik disini atau disini.
Nah, setelah dirasa semuanya sudah betull.. silahkan anda paste pada posisi yang sama yaitu dibawah kode :

<div id='sidebar-wrapper'>

Dan lakukan preview/pratinjau terlebih dahulu.
Jika sudah nampak, silahkan anda klik tombol save/simpan perubahan !!
Ingat !! saya belum bisa memberi jaminan 100%, bahwa kode ini akan support dengan template anda !!
Karena setiap template memiliki sistem penempatan yang berbeda dengan kode XML-nya !!
Namun untuk lebih bijaksana-nya, anda boleh ber-eksperimen dengan merubah tempat dan lokasi tagcloud ini !! dan saya jamin ga susah kq buat mengedit posisinya !!

Catatan :

Warna merah : silahkan anda ganti dengan nama situs yang anda maksud
Warna biru : silahkan ganti dengan nama yang akan dimunculkan di tagcloud tersebut.

Jangan pernah untuk menambah tanda pada kode2 tersebut!!!
Karena saya pernah mencoba untuk menambah "spasi" pada salah satu alamat situs yang tercantum, namun malah ber-ujung pada kegagalan!!
Nah.. selamat mencoba !!
Jangan lupa..... jika sudah berhasil, silahkan anda sebar dan bagikan info ini sama teman-teman yang membutuhkan ya?
Jika masih gagal, silahkan anda coba untuk menempatkan posisi tagcloud ini dengan benar ya ?
SELAMAT MENCOBA !!

10 komentar:

  1. Asyik Coy! Hidup Para Blogger... :))

    BalasHapus
  2. kalo sidebar-wrapper ga da gmana?

    BalasHapus
  3. Waw. . .

    Ini yg aku cari2...

    Aku kira tuh cmn pluginsnya WP n g pake script

    eh trnyata gitu toh

    Thx eaa

    BalasHapus
  4. salam brother.........]
    gw uda brasil ne...
    cma ada sdkit masalah..
    pas mo gw posting artikel ini di blog gw...
    malah gak muncul kode-2 scriptnya...
    yg mncul cma nama penciptanya aja..
    gimana ne... gw pke mode commpos jg gk bisa.

    oh yaw... bat shobat gw yg satunya JONI SETIAWAN..
    di blog gw jg gk ada content itu... jdi cari yg mirip aja... side-wrapper psti ada bro...
    gw uda cba & brhasil.

    BalasHapus
  5. klo mau diberi judul tag cloudnya ya apa?
    caranya

    BalasHapus
  6. Klo mo dipindah agak kebawah dikit bisa gak???? :-0

    BalasHapus
  7. blogumus udah pernah tak coba aplikasikan ke blogku, yah di benakku saat itu tentu agar label terlihat lebih nyeni.... namun sepertinya template di blogku gak mendukung aplikasi ini... pernah sih berasumsi bahwa untuk bisa menampilkan aplikasi ini harus di tunjang oleh flash player... dan memang benar diwarnet, pas ana buat blogumus ini belum update flash playernya :p

    BalasHapus
  8. sip gan lanjut terus......thanks ya....hebat.....:-)

    BalasHapus
  9. =)) akhirnya kesampaian juga punya cumulus, gumulus, sumulus .. apa ye yg benar ??? :D :D Thx for inpoonya bro.... DITUNGGU KUNJUNGANNYA JUGA BRO... Linkmu udah aku pasang tuh ....

    BalasHapus
  10. bro dlu saya dah pasang blogumus d blog saya n bisa.tp beberapa minggu ini kog g,kliatan lagi knp???
    tampilannya berubah menjadi: "blogumus by roy tanck n jide-theater"
    cba d liat d blog q tuh......
    tlg jelasin yach...cara memperbaikinya biar bsa nongol lagi blogumusna kyak dlu.
    thanks..... :)

    BalasHapus

Silahkan tulis disini dengan santai dan tertawa2 !!